Selasa, 29 Agustus 2017

Tips Renovasi Interior Rumah yang Mudah dan Murah

Posted by The Writer at Agustus 29, 2017 0 Comments


Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang belum mengerti pentingnya desain interior yang baik untuk hunian mereka. Ketika baru pindah rumah, kebanyakan orang akan menata rumah sesuka hati mereka tanpa mengetahui dasar-dasar desain ruangan yang baik. Sangat disayangkan, mengingat desain interior yang baik akan berpengaruh besar pada kenyamanan hidup Anda sekeluarga.

Boleh jadi ruang tamu Anda tidak terlalu besar, namun jika tidak dipikirkan dengan matang seluruh tata letak ruangannya, ruangan tersebut akan terasa semakin sempit. Dengan perencanaan interior yang matang, Anda tidak hanya dapat membuat ruangan terlihat proporsional, namun Anda juga dapat membuat seluruh anggota keluarga Anda betah berlama-lama berada di rumah.

Tentu menyenangkan, bukan, dapat bercengkerama dengan nyaman dengan keluarga di ruang keluarga yang nyaman pula?

Desain interior ruangan yang tepat memang mengutamakan dua aspek, yakni keindahan dan kenyamanan. Namun Anda mungkin berpikir bahwa untuk mendesain interior rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga Anda meredam niat Anda meminta bantuan interior desainer untuk mentransformasi rumah Anda.

Nyatanya tidak juga. Tidak selalu desain interior identik dengan biaya yang mahal. Ada beberapa trik mudah dan murah untuk mendesain interior rumah, lho! Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Cornice (ornamen hiasan di batas tepi dinding dengan plafon)

Cornice, crown molding atau yang juga sering disebut gypsum adalah ornament hiasan di bagian dinding, biasanya bagian tepi dinding yang bersentuhan dengan bagian plafon. Kehadiran cornice di sebuah ruangan dinilai sangat esensial untuk memberikan kesan rumah yang elegan.

Ruangan yang tidak didekorasi dengan cornice akan terasa sangat biasa. Kurangnya detail hiasan pada bagian dinding dan langit-langit ini membuat ruangan terlihat “belum selesai”. Tanpa harus mengeluarkan uang terlalu banyak, cornice yang diaplikasikan pada dinding dapat memberikan kesan mewah pada ruang.

2. Cat dinding

Terkadang keputusan tersulit yang harus Anda ambil adalah memilih warna apa yang cocok untuk diaplikasikan pada berbagai ruangan di rumah Anda. Berbagai warna putih dan warna-warna netral dapat menciptakan kesan sophisticated atau wah di dalam ruangan. Warna-warna netral memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan warna-warni di furnitur apapun yang Anda inginkan. Salah satu trik mudah untuk benar-benar memberikan kesan mewah untuk rumah Anda adalah dengan mengecat bagian interior pintu dengan warna hitam. Hal ini dinilai akan langsung membuat ruangan terasa mewah. Anda hanya perlu memastikan untuk memadukan warna hitam tersebut dengan furnitur lain yang berwarna senada.

3. Bantal

Bantal selalu bisa menjadi aksesori yang menawan untuk sofa, atau kursi Anda di rumah. Kehadirannya juga bisa menambah manisnya ruangan. Untuk itu, hindari membeli bantal sofa yang terlalu kecil. Bantal-bantal yang terlalu kecil tidak mampu memberi kontribusi besar pada tampilan ruangan secara keseluruhan, sehingga pilihlah bantal yang berukuran sekitar 60 cm, dan gunakan cover bantal yang berukuran sekitar 5 cm lebih kecil untuk membuat bantal terlihat overstuffed sehingga kesan mewah yang Anda inginkan dapat tercapai.

4. Jendela

Jendela dinilai sangat krusial dalam menentukan baik buruknya interior suatu ruangan. Sebagai sumber masuknya cahaya dan udara segar dari luar, rumah modern biasanya memiliki bentuk jendela yang unik dan berukuran besar. Nah, karena ukurannya yang besar, tentu aspek jendela tidak boleh Anda abaikan ketika sedang merencanakan desain interior yang baik untuk rumah Anda. Salah satunya adalah dengan penggunaan gorden yang tepat. Hindari penggunaan gorden yang terlalu tipis dan terlalu menjulur ke bawah.

5. Pencahayaan

Pencahayaan menjadi aspek lainnya yang biasa diperhatikan orang-orang, termasuk para kontraktor bangunan sebelum merenovasi interior rumah kliennya. Lampu yang Anda gunakan merepresentasikan kepribadian, karakter, dan gaya Anda, jadi pilihlah jenis dan bentuk lampu yang sesuai dengan selera Anda.

Hal ini tidak berarti Anda harus membeli lampu mewah berharga mahal, pilihlah lampu dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda, dan konsultasikan dengan interior desainer mengenai penempatannya. Perbedaan penempatan dapat menghasilkan kesan yang berbeda pula.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bahwa tidak perlu menghabiskan begitu banyak uang untuk membuat rumah Anda tampak mewah. Tinggal ikuti saja tips dan trik di atas, dan Anda akan mendapatkan rumah dengan interior yang mewah nan indah, dengan biaya yang tidak terlalu besar tentunya.

Tags:

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 komentar:

IBX5970CF6DBAD52
Powered by Blogger.
back to top