Minggu, 23 Juli 2017

Cara Mudah Deteksi Penyakit dengan Melihat Kondisi Kuku

Posted by Banua Info at Juli 23, 2017 0 Comments


Siapa sangka bahwa ternyata kondisi kesehatan seseorang dapat dideteksi dengan mudah seperti dengan melihat warna bibir sampai dengan kondisi kuku. Kondisi, warna sampai dengan laju pertumbuhan kuku ternyata dipengaruhi oleh asupan nutrisi, obat-obatan, penyakit maupun trauma. Nah, jika Anda merasa terjadi perubahan kondisi pada kuku Anda, maka Anda patut waspada. Berikut beberapa cara mudah deteksi penyakit berdasarkan kondisi kuku.

1. Kuku Berubah Warna Menjadi Kuning
Kuku kuning yang biasanya terkesan tebal merupakan kondisi kuku yang sering terjadi pada sebagian besar orang. Hal ini umumnya disebabkan oleh faktor umur, kebiasaan merokok atau infeksi jamur. Namun, kuku kuning dan tebal juga dapat mengindikasikan bahwa Anda rentan terhadap penyakit paru-paru.

2. Terdapat Bercak Putih
Selain kuku kuning, bercak putih pada beberapa area kuku juga sering dialami. Kondisi ini pun sering kali dianggap wajar. Padahal, kuku dengan bercak putih dapat saja menjadi tanda bahwa sel darah merah dalam tubuh sedang rendah.

3. Kuku Rapuh
Banyak orang yang bermasalah ketika kukunya panjang bahkan hanya sedikit. Mereka sering mengalami kuku patah yang pecah-pecah dan rapuh. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh kurangnya kandungan vitamin A, B dan C dalam tubuh.

4. Kuku Bergaris Vertikal
Kuku bergaris vertikal ini lebih umum dialami oleh orang yang sudah berumur karena penyebab utamanya memang faktor usia. Namun, pada kasus tertentu, kondisi kuku yang seperti ini bisa saja diakibatkan oleh defisiensi B12 dan magnesium.

5. Kuku Bergaris Horizontal
Berbeda dengan garis vertikal, kuku dengan garis horizontal dapat disebabkan oleh diabetes, masalah pada sirkulasi darah, defisiensi zat besi atau gejala-gejala seperti malaria atau lepra. Selain itu, kondisi kuku yang seperti ini juga mungkin disebabkan oleh trauma atau penyakit yang menyebabkan demam tinggi.

Pada kasus tertentu, mungkin saja ada kuku yang berwarna kehitaman, putih susu atau bahkan kecoklatan dan kondisi tersebut juga bisa deteksi penyakit. Namun, 5 kondisi di atas merupakan kondisi paling umum. Intinya, Anda harus menjaga kesehatan kuku terlebih dahulu, rajin membersihkan agar terhindar dari jamur serta selalu menjaga kesehatan.

Tags:

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 komentar:

IBX5970CF6DBAD52
Powered by Blogger.
back to top